Thursday, May 21, 2009

7 Keajaiban Dunia Baru

Ternyata tanggal keramat 7/7/07 tidak hanya menarik untuk memulai hidup baru lewat pernikahan, tetapi juga untuk sebuah organisasi dari Swiss.

New Open World Corporation (NOWC), kemarin mengumumkan daftar 7 keajaiban dunia yang baru. Dari 177 monumen, dipilih 21 finalis pada awal tahun 2006, dan akhirnya lewat voting diambil 7 monumen pemenang. Seluruh monumen tersebut harus dibangun oleh manusia, selesai sebelum tahun 2000, dan dalam keadaan yang cukup baik.

Ketujuh pemenang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tembok Besar, Cina
  2. Kota Petra, Yordania
  3. Patung Kristus, Brazil
  4. Kota Machu Picchu, Peru
  5. Piramida Chichen Itza, Meksiko
  6. Koloseum, Italia
  7. Taj Mahal, India

Peristiwa ini bukan tanpa kontroversi. UNESCO sebagai badan dunia yang berkaitan dengan kebudayaan, menekankan bahwa pemilihan ini tidak memiliki hubungan dengan kegiatan apapun dari UNESCO. UNESCO juga menyebutkan bahwa hasil pemilihan tidak mencerminkan suara dunia, sebab pemilihan dilakukan hanya lewat Internet. NOWC juga melakukan penjualan suara yang dapat dibeli oleh pihak pribadi, organisasi, atau pemerintah. Lebih jauh lagi, hasil voting tidak melalui proses audit yang jelas, sehingga hasilnya belum dapat dipertanggungjawabkan.

0 Beri Komen Klik Sini:

Post a Comment

Woy.. Jgn spamming ea..

Di Klik Ane Doain Lancar Rejeki! :)