Saturday, January 24, 2009

35 Fakta Unik

1. Tahukah kamu bahwa selama pasien menjalani operasi caesar keadaannya masih dalam kesadaran penuh? Operasi caesar adalah salah satu dari bedah kebidanan yaitu membantu proses persalinan tidak melalui jalan lahir alami, melainkan melalui dinding perut bagian bawah, di mana diadakan anestesi/pembiusan secara spinal, tidak secara umum sehingga pasien masih dalam keadaan sadar penuh.

2. Tahukah kamu bahwa henti jantung, dan henti nafas, bukanlah penanda pasti kematian? penanda pasti kematian adalah adanya lebam mayat, kaku mayat, pembusukan, dll.

3. Tahukah kamu, haid yang terlambat, mengidam, perut yang membesar bukanlah penanda pasti kehamilan? Tes kehamilan yang positif pun bukan penanda pasti kehamilan. Tanda pasti kehamilan adalah dapat didengarnya bunyi jantung janin dengan doppler atau terdeteksi dengan USG atau foto Rontgen, terasa gerakan janin, serta terabanya bagian-bagian janin. Kehamilan palsu seperti kelainan trofoblas “Mola Hidatidosa” atau Hamil Anggur dapat disalah-artikan dengan kehamilan sejati di mana tes kehamilan adalah positif.

4. Tahukah kamu? tidak ada istilah “sakit jiwa” atau “gila” dalam ilmu psikiatri, yang ada adalah “gangguan jiwa”. Sedangkan yang dimaksud dengan “gila” oleh bahasa awam adalah Schizophrenia, yang ditandai dengan gejala klasik seperti waham, perilaku kacau yang berlangsung sekurang-kurangnya 6 bulan dan bukan dikarenakan penyakit medis umum atau penggunaan obat-obatan.

5. Tahukah kamu? produksi urine (kencing) secara normal pada manusia adalah 1-3 cc/Kg BB (Berat Badan)/Jam. Jika kurang dari ini adalah oligouria dan jika lebih berarti poliuria yang menandakan adanya gangguan fungsi ginjal secara langsung atau pun tidak langsung.

6. Tahukah kamu? Jantung janin memiliki hubungan antara atrium kiri dan kanannya. Janin tidak menggunakan paru-paru ketika bernafas melainkan dari peredaran darah tali pusatnya.

7. Tahukah kamu? secara embriologis, genitalia luar pada pria dan pada wanita memiliki kesamaan asal? Korpus dan Glans penis analog dengan klitoris, skrotum (kantung zakar) analog dengan labia mayor (bibir luar) vagina, inilah dasar rekonstruksi genitalia pada transeksualisme.

8. Tahukah kamu? istilah penyakit kusta sudah ada jauh sejak Sebelum Masehi, dan para ahli masih berdebat akan apa sebenarnya penyakit kusta ini. Beberapa meyakini kusta adalah Morbus Hansen atau lepra yang kita kenal saat ini seperti juga gambaran yang tertulis di Alkitab. Ada juga yang menafsirkannya sebagai “zaarath” dari bahasa India dengan gambaran Psoriasis yang kita kenal saat ini.

9. Tahukah kamu? secara normal, letak janin memiliki posisi di mana kepala adalah bagian terendah, hal ini dikarenakan pada proses perkembangannya kepala adalah bagian janin terberat sehingga menempati posisi paling bawah serta letak kepala di bawah ini sangat menguntungkan pada proses persalinan nantinya.

10. Tahukah kamu? sekalipun sama-sama ditularkan oleh nyamuk, Demam Berdarah lebih berbahaya dan dapat dengan segera mematikan dibandingkan dengan Malaria, namun Malaria dapat berjalan secara menahun sedangkan Demam Berdarah hanya 7-10 hari rata2 lama penyakitnya.

11. Tahukah kamu? yang membedakan kuning pada hipervitaminosis A dengan ikterus/jaundice karena gangguan fungsi hati ialah sklera mata. Pada hipervitaminosis A sklera (bagian putih mata) tidak ikut menguning dan tidak disertai perubahan warna pada urin, sedangkan pada gangguan hati, sklera ikut menguning dan dapat pula disertai perubahan warna urine seperti teh basi.

12. Tahukah kamu? Chlorpromazin, sebuah obat antipsikotik yang biasa digunakan pada penderita Schizophrenia, jika dosis biasa diberikan kepada manusia normal, ia akan tidur seharian, tetapi jika diberikan pada penderita Schizophrenia ia akan tetap bugar seolah kurang berpengaruh.

13. Tahukah kamu? Menurut pandangan medis, istilah homoseksualitas kini tidak lagi dianggap sebagai suatu kelainan, tetapi suatu variasi dalam orientasi seksual. Yang dianggap sebagi kelainan adalah “homoseksualitas yang ego-distonik” yang berarti seorang homoseksualitas yang tidak dapat menerima keadaan dirinya

14. Tahukah kamu? kanker ibarat pemberontak dalam suatu negara, dahulu sel kanker adalah sel yang normal, namun karena berbagai faktor dan sebab, sel tersebut menjadi ganas, membelah tak beraturan, serta mendesak dan menghabiskan nutrisi secara tidak berguna sehingga akhirnya penderita meninggal karena kerusakkan organ-organ lain oleh sel kanker tersebut.

15. Tahukah kamu? dari seluruh jaringan tubuh, jaringan saraf adalah jaringan yang memiliki kemampuan regenerasi paling rendah jika mengalami kerusakan dibandingkan jaringan tubuh yang lainnya, itulah mengapa penyakit saraf memiliki kemampuan sembuh yang relatif kecil jika dibandingkan dengan penyakit jaringan lainnya.

16. Tahukah kamu? Halusinasi dan ilusi, memiliki arti yang berbeda. Halusinasi berarti merasakan sesuatu dimana objek tersebut sebenarnya tidak ada, tetapi ilusi juga merasakan sesuatu dimana objek tersebut ada. Jika seseorang mendengar suara-suara yang orang lain tidak mendengarnya, ia boleh disebut halusinasi. Sedangkan jika ia mendengarkan suara yang memiliki arti persepsi yang berbeda namun berasal dari suatu sumber yang memang ada, ia disebut ber-ilusi. Halusinasi dengar termasuk salah satu tanda dari Skizofrenia.

17. Tahukah kamu? Sistem hukum Indonesia memungkinkan siapapun menggugat siapapun dimanapun dengan alasan apapun. Majelis hakim yang memeriksa perkara yang kemudian akan menentukan apakah gugatan tersebut benar atau tidak, baik dari materil ataupun formilnya.

18. Tahukah kamu? Lembaga jaminan Fidusia yang dikenal di Indonesia dengan Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia berasal dari upaya pengusaha bir yang hendak menjaminkan perabot bar nya untuk mendapat pinjaman bank. Pada umumnya, untuk mendapatkan pinjaman, maka seseorang harus menjaminkan hartanya kepada pemilik uang. Namun, bila hal itu dilakukan, maka si pemilik bar tidak memiliki peralatan untuk menjalankan usahanya. Sedemikian rupa dibuatlah struktur perjanjian, dimana si pengusaha bir menjaminkan perabotan barnya kepada bank, lalu bank meminjamkan perabotan tersebut kepada si pengusaha bir, sehingga si pengusaha bir bisa menjalankan usahanya dan membayar pinjaman bank. Nama perusahaan itu adalah HEINEKEN

19. Tahukah kamu? Walaupun diadopsi dari hukum yang dilakukan di Belanda, hingga saat ini Belanda sendiri tidak memiliki undang-undang mengenai Jaminan Fidusia. Praktek jaminan fidusia di Belanda berpedoman pada Arrest Hoge Raad (putusan Mahkamah Agung Belanda) yang dikenal dengan nama Bierbrouwerij Arrest.

20. Tahukah kamu? Walaupun konstitusi kita yaitu UUD 1945 beserta amandemennya telah menyatakan bahwa bahasa resmi NKRI adalah Bahasa Indonesia, tetapi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata hingga saat ini masih tercantum dalam bahasa Belanda. Yang kalian lihat di toko buku hanyalah terjemahan, bukan versi resmi dari undang-undang termaksud. Tidak jarang terjadi kekeliruan penterjemahan, misalnya antara KUHP yang diterjemahkan oleh Andi Hamzah dan yang diterjemahkan oleh Moeljatno. Ataupun kekeliruan definisi seperti kata-kata “betekening” pada Pasal 613 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang seringkali diartikan sebagai “pemberitahuan” pada terjemahan Subekti. Arti sesungguhnya dari “betekening” adalah “pemberitahuan resmi” yang pada prakteknya dilakukan oleh jurusita pengadilan negeri setempat.

21. Tahukah kamu? penyebab kematian ibu di Indonesia selain infeksi yang sering terjadi di negara tropik berkembang, adalah perdarahan post partum atau perdarahan setelah melahirkan. Begitu banyak penyebab keadaan ini, di negara berkembang, seringkali ibu mengalami anemia (kurang darah) selama kehamilan, hal ini menyebabkan kontraksi rahim yang kurang kuat, dan ketika ari-ari telah dilahirkan, kontraksi ini tidak cukup kuat untuk menjepit pembuluh-pembuluh darah yang terbuka sehingga terjadi perdarahan yang banyak. Dengan minimnya fasilitas kesehatan dan tenaga bidan terlatih, seringkali penanganan terlambat lalu berakhir dengan kematian.

22. Tahukah kamu? kejang demam yang terjadi pada anak dapat berkembang menjadi epilepsi di masa yang akan datang. Setiap kali serangan kejang akan terdapat neuron-neuron (sel-sel otak) yang rusak. Neuron-neuron yang rusak ini akan menjadi sumber pencetus kejang di masa dewasa nanti yang dikenal sebagai epilepsi.

23. Tahukah kamu? salah satu terapi di bidang Psikiatri dalam usaha memperbaiki keadaan depresi berat adalah Electro Convulsive Therapy (ECT). Yaitu dengan cara memasang elektroda pada kepala pasien yang kemudian dialiri listrik sebesar 70-110 V selama beberapa detik. Terapi yang terdengar “kejam” ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat di tahun 1940.

24. Tahukah kamu? mengapa penggunaan lampu neon sebanyak 2 lampu akan lebih baik dalam meningkatkan produktifitas kerja jika dibandingkan dengan 1 lampu neon saja? Pada dasarnya lampu neon memiliki kedipan yang begitu cepat sehingga mata kita tidak mampu mengikutinya, namun begitu juga jeda “mati” yang begitu singkat dan tak terikuti secara tak sadar menimbulkan perasaan “lelah”. Dengan dua lampu neon, maka jeda “mati” yang diakibatkan oleh neon yang satu saling menutupi, dengan demikian dua lampu neon akan lebih baik dari satu neon.

25. Tahukah kamu? istilah lilitan tali pusat pada janin seolah terdengar “mengerikan” dan seolah-olah “pasti” akan menyebabkan kematian. Kenyataannya tidak demikian, hanya sebagian kecil saja yang dapat menimbulkan kematian. Hal ini disebabkan adanya “Wharton’s Jelly”, sebuah substansia gelatinosa yang mengelilingi arteri dan vena umbilikalis, sumber nutrisi dan pernafasan bagi janin semasa hidup di kandungan, sehingga alat yang vital bagi kehidupan janin ini terlindung dari kemungkinan terpeluntir jika terlilit pada leher janin.Hal yang membahayakan hanya jika terbentuk sebuah simpul mati tali pusat yang akan membahayakan ketika proses persalinan. Hanya saja kemungkinan ini sangat kecil.

26. Tahukah kamu? demam adalah termasuk reaksi pertahanan tubuh terhadap infeksi kuman. Pada pembiakan mikrobiologi, kuman-kuman patogen dapat tumbuh subur pada suhu orang normal yaitu 36,5-37,2 oC.

27. Tahukah kamu? pada masa ilmu kedokteran awal, selain menggunakan teori dan ajaran-ajaran Hippocrates, digunakan juga ajaran-ajaran anatomi dan fisiologi dari Galen. Ia adalah salah satu dari bapak kedokteran klasik. Begitu fenomenalnya ajaran-ajaran Galen saat itu sehingga para pengajar sudah tidak mempertanyakan lagi ajaran-ajarannya, setiap pertanyaan dan meragukan ajaran Galen dianggap bidaah. Galen telah memperkenalkan sistem sirkulasi dan anatomi. Namun kesalahan terbesarnya ialah, ia menganggap peredaran darah bersifat statis yaitu bolak-balik, keluar lalu masuk kembali dengan jantung sebagai pusatnya. Setiap praktikum anatomi bila ditemukan anomali kelainan pada mayat selalu dianggap sebagai “kerusakan mayat”. Lalu mayat itu tidak digunakan lagi atau diabaikan.

28. Tahukah kamu? Dopamin, sebuah neurotransmitter di otak memiliki efek yang sangat berbeda dalam keadaan kelebihan atau kekurangan. Jika seseorang kekurangan Dopamin dalam otaknya ia akan mengalami gejala-gejala Parkinsonisme, sedangkan kelebihan Dopamin akan memberikan gambaran Psikosa, Schizophrenia.

29. Tahukah kamu …

…bahwa Orang eskimo menaruh makanannya di dalam kulkas agar makanannya tidak membeku.

30. Tahukah kamu … bahwa sekarang Jupiter merupakan benda langit terterang nomor 3 setelah matahari dan bulan.

31) Tahukah kamu bahwa nama2 besar di Ilmu Fisika seperti Galileo, Isaac Newton, Albert Einstein dan Stephen William Hawking tidak menikah dengan bahagia? Galileo dan Newton tampaknya terlalu menekuni bidang mereka sehingga tidak pernah tercatat jika mereka pernah berhubungan dengan wanita. Einstein cerai dan menikah lagi sedangkan Hawking cerai dengan istrinya.

32. Tahukah kamu? bahwa kuku tumbuh sepanjang 1 mm setiap minggunya dan rambut bertambah panjang sekitar 0,35 mm setiap harinya.

33. Tahukah kamu? bahwa pekerjaan pembangunan Basilika St. Petrus di Roma berlangsung lebih dari satu abad? Pekerjaan itu dimulai pada 1506 dan baru selesai pada 1612!

34. Tahukah kamu? bahwa nama lengkap pengarang buku seri detektif Agatha Christie adalah Agatha May Clarissa Miller Christie Mallowan.

35. Tahukah kamu? bahwa Napoleon Bonaparte sangat menggemari kuda yang berwarna putih, sehingga ia memiliki sekurang-kurangnya 50 ekor!

0 Beri Komen Klik Sini:

Post a Comment

Woy.. Jgn spamming ea..

Di Klik Ane Doain Lancar Rejeki! :)