Sunday, July 26, 2009

Cara Menghadapi Tilang

Dari para Kaskuser
Malem ini gw baru aja mo pulang dari kampus, pas depan Mal Taman Anggrek gw di-stopin mobil PJR POLDA jenis FORD plat nomernya 90XXX-VII.

Pol(P): Malam pak, bisa liat SIM nya??
GW: Malem Juga Pak. Boleh...ini...
P:STNK nya ada pak??
GW: Ada pak...(sambil ngeluarin dari dompet)
P: Bapak Tau Kesalahannya?? lampu rem bapak mati sebelah...
GW: Iya Pak, Tadi siang matinya, saya belom sempet ke bengkel buat ganti bohlam, ini aja baru pulang dari kampus pak.
P: Ya udah si mas saya tilang aja.
GW: Oke pak tapi saya minta FORM YANG BIRU.
P: Lho, trus bayar nya gimana??? (si polisi coba2 bikin gw bingung)
GW: nanti saya langsung bayar ke BANK yang bapak tunjuk(Umumnya sih milik pemerintah).
P: Besok kan sabtu, bank pada tutup.
GW: Ya udah pak, senin kan bisa, nanti bukti pembayarannya saya kasih ke bapak buat ngambil STNK sama SIM yang disita.
P: Trus disurat tilang ini mau saya tulis berapa??? (si polisi malah balik nanya).
GW: Terserah bapak lah, kan bapak petugasnya.

Terus si polisi berembuk sama temennya yang bawa mobil...

P: Ya sudah besok lampunya diganti, ini SIM sama STNK-nya, silahkan bapak jalan lagi....
GW: (dalem hati berteriak HOREEEEEEE GW GA JADI DITILANG, SI BAPAK PIKIR GW GA NGERTI SA JENIS SURAT TILANG KALI HEHEHEHEHE).

Buat temen2, surat tilang itu ada 3 jenis.

SLIP PUTIH buat bukti si polisi.

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan Dan mau
membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat.
Itupun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang, Dan
oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan
nilai tilai tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang
dititipkan di kejaksaan setempat, disinipun banyak calo dan oknum
kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai
tilang.

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar
denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo
gak salah norek Bank BUMN)..Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk di tukar dengan SIM/STNK kita di kapolsek terdekat dimana kita ditilang.

You know what!? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya
tidak melebihi 50ribu! dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA

0 Beri Komen Klik Sini:

Post a Comment

Woy.. Jgn spamming ea..

Di Klik Ane Doain Lancar Rejeki! :)