Sunday, August 23, 2009

Asal Istilah Google

Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai. Namun apakah kita tahu istilah Google berasal dari mana?

Nama situs mesin pencari Google berasal dari kata “Googol”. Kalau Google kita eja sebagai “gugel“, maka Googol dibaca dengan “gugol”. Betul atau salah? Lalu dari mana istilah googol berasal?

Begini ceritanya…. Suatu hari pada tahun 1938, menurut Wikipedia, Milton Sirotta menemukan angka yang sangat panjang, yaitu 10 pangkat 100, atau ditulis 10¹°°. Sirotta adalah keponakan dari seorang ahli matematika Amerika Serikat.

Untuk menyebut angka 1 dengan 100 nol di belakangnya itulah dia menciptakan istilah googol.

Kata unik inilah yang kemudian dipelesetkan menjadi Google. Pernah nggak kau perhatikan di halaman mesin pencari Google, di bagian paling bawah, tertulis kata “Goooooooooooogle” dengan O yang banyak?

2 Beri Komen Klik Sini:

yorgita on August 23, 2009 at 8:53 PM said...

tau darimana nih? kereen, hehe

rendyramadhan@blogspot.com on August 23, 2009 at 9:20 PM said...

Rahasia, Beibh-bek..
:p :p :p

Post a Comment

Woy.. Jgn spamming ea..

Di Klik Ane Doain Lancar Rejeki! :)