Sunday, August 9, 2009

Top of Mind Brand

Dari Para Kaskuser
Apa sih Top of mind brand itu ?

Brand awareness adalah kemampuan pembeli potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa sebuah merk merupakan anggota dari kategori produk tertentu. Terdapat sejumlah level/tingkatan dalam pengelana merk ini.

Level yang pertama adalah top of mind. Maksudnya begini : merk apa yang pertama kali melintas di benak Anda ketika saya meyebut kategori produk ponsel? Atau merk apa yang langsung muncul di kepala Anda ketika saya menyebut produk sepeda motor?

Top of mind adalah merk yang pertama kali muncul dalam benak Anda ketika ada pertanyaan seperti itu. Misal dalam kasus ponsel tadi, kemungkinan yang akan menjadi top of mind adalah Nokia. Sementara dalam kasus sepeda motor, respon pertama yang akan muncul biasanya adalah merek Honda.

berikut sebagai contoh top of mind brand yg umum di indonesia :

1. AQUA

Kenapa ya? Sering kali kita tidak menyadari di sekitar kita ini terjadi. Misalnya saja seorang penjual minuman di terminal. Mereka mungkin membawa bermacam jenis minuman. Biasanya mereka taruh dalam sebuah tempat yang kemudian di dalamnya berisi es sebagai alat pendinginnya. Mereka berteriak lantang kepada para calon pembelinya, "Aqua.. Aqua dingin dingin, teh botol, aqua dingin, teh botol, sprite, fanta dingin, aqua dingin dingin...". Padahal belum tentu air mineral yang mereka jual itu bermerek AQUA?? Mungkin saja Club, Aquades, Vivi atau yang lainnya...
Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Pebruari 1973.
Kegiatan fisik perusahaan dimulai pada bulan Agustus 1973, ditandai dengan pembangunan pabrik di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Percobaan produksi dilaksanakan pada bulan Agustus1974 dan produk komersil dimulai sejak tanggal 1 Oktober 1974 dengan kapasitas produksi 6 juta liter setahun. Produk pertamanya adalah AQUA botol kaca 950 ml yang kemudian disusul dengan kemasan AQUA 5 galon, pada waktu itu juga masih terbuat dari kaca.
Tahun 1974 hingga tahun 1978 merupakan masa-masa sulit karena masih rendahnya tingkat permintaan masyarakat terhadap produk AQUA. Dengan berbagai upaya dan kerja keras, AQUA mulai dikenal masyarakat, sehingga penjualan dapat ditingkatkan dan akhirnya titik impas berhasil dicapai pada tahun 1978.
Saat itu merupakan titik awal perkembangan pesat produk AQUA yang selanjutnya terus berkembang hingga sekarang.
Semula produk AQUA ditujukan untuk masyarakat golongan menengah atas, baik perkantoran maupun rumah tangga dan restoran. Namun, saat berbagai jenis kemasan baru : 1500ml, 500ml, 220ml, dari kemasan plastik mulai diproduksi sejak 1981, maka produk AQUA dapat terjangkau oleh masyarakat luas, karena mudahnya transportasi dan harga terjangkau.
Mata Air Pegunungan yang mengalir sendiri


2. Pampers

Kadang ibu² selalu bilang kek gini "Bu, bawa pampers gak??" ibu yang lain berkata "bawa dong" Padahal itu ibu bukan bawa pampers tapi merek yang laen, Iya kan ?
Pertanyaan saya, mesti na itu ibu bilang na apa ya..

Spoiler for Sedikit Sejarah Pampers:
Pampers pertama kali di perkenalkan pada tahun 1961. Dibuat oleh Vic Mills. Nama "Pampers" dibuat oleh Alfred Goldman, Creative Director di Benton & Bowles.

Pampers ini sangat berkembang pesat di Amerika Serikat. Pampers mengeluarkan design baru "wingfold" pada tahun 1969. Dan selanjutnya berkembang keseluruh penjuru dunia.


3. ODOL

Kalau kita menyuruh pembantu, ato adik kita pergi untuk membeli pasta gigi kesebuah warung ato ke minimarket, biasanya bilang begini "de, tolong beliin odol di warung, udah abis tu di kamar mandi.." pada saat ade ke warung dan bicara sama tukang warung nya "Bu, beli odol 1.." ntah itu merek pepsodent, formula, close up, ato yg lain semua di sebut odol.
Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasanya dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol, yaitu salah satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual di Indonesia, nama Odol telah menjadi nama generik. Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut/mouthwash. Odol moutwash pada tahun 1900 an adalah merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa.

Adalah Karl August Lingner yang pertama menciptakan Odol moutwash dan dia adalah orang yang giat mengkampanyekan Hidup Higienis. Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada tahun 1911. Dia mendirikan musium The German Hygyene Museum di Dresden.

0 Beri Komen Klik Sini:

Post a Comment

Woy.. Jgn spamming ea..

Di Klik Ane Doain Lancar Rejeki! :)